Ketua Bawaslu Kabupaten Bima , Menghadiri Sosialisasi Pengawasan Partisipatif
Cari Berita

Advertisement

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima , Menghadiri Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Selasa, 03 September 2024

Bima, Redaksi portalntb.net--- Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bima, menggelar Sosialisasi  Pengawasan Partisipatif Gubernur dan Wakil Gubernur,  Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024  Selasa (03/09/2024).

Kegiatan yang bertemakan " Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu tegakkan Keadilan Pemilu dan Cegah-Awas-Tindak".

Acara yang berlangsung di Aula Kantor Camat Bolo, turut dihadiri langsung oleh  Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Junaidin , S.Pd, MH, Camat Bolo Dra Hj. Arabiah, Korwil Dikbudpora Bolo, Ismail Umar S. Pd, para Kades serta komisioner Panwascam Bolo maupun pihak undangan yang ada.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Junaidin, S.Pd, MH, mengatakan, acara Sosialisasi pengawasan partisipatif merupakan agenda  penting di Bawaslu. peran masyarakat yang menjadi subyek pemilu lainnya adalah menjalankan fungsi pengawasan partisipatif. Ketika melihat terjadi indikasi pelanggaran , Junaidin atau yang disapa akrab Abng Joe, dengan tegas mengimbau masyarakat untuk dapat mencegah atau melaporkan nya kepada pengawas pemilu setempat.

Sebagaimana kita ketahui bersama, lanjut Joe sapaan akrabnya, dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh sekitar 35 orang ASN di Kabupaten Bima, saat ini pihaknya sedang menindaklanjuti informasi bukan laporan, jadi tolong dibedakan menindaklanjuti informasi dengan laporan dengan melakukan penelusuran baru dikaji akan kebenaran atas infomasi dan laporan tersebut.

"Kita tidak serta merta mengambil sikap dan perlu dilakukan kroscek dulu baru kita mengambil sikap apakan infomasi dan laporan tersebut yang adanya atau tidak,"terangnya.


Yang lebih penting kami ingatkan, kata Joe, pada Camat, Korwil, Pak Kades, mungkin bisa diteruskan pada bawahannya untuk tidak terlibat aktif dalam kampanye seperti memakai kostum dan lainnya.

Sementara itu, Ketua Panwascam Bolo, A. Rizal, M.Pd, mengatakan, bagaimana semua elemen yang ada di Bolo untuk terlibat aktif dan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur  dan Bupati dan Wakil Bupati sehingga lahir Pilkada yang jujur dan adil sesuai harapan bersama.

"Jangan ditanya apa yang diberikan oleh negara. Tapi kita harus berpikir apa yang diperbuat pada negara. Untuk itu dibutuhkan kerjasama seluruh lapisan masyarakat untuk lahir Pilkada yang Jurdil,"harapnya.

Sementara ditempat terpisah pula juga disampaikan oleh Ketua Panwascam Madapangga, Sudarmin, M.Pd, kata dia, perlu diketahui bersama bahwa pihaknya mengundang bapak dan ibu sekalian untuk meminta dukungan moril melakukan  Pengawasan partisipatif aktif untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati. "Sehingga lahir lah Pemilu yang aman, damai serta Jurdil pada 27 November 2024 mendatang," tutupnya. (Ami)