Terungkap Siswa Mts Bolo Sila Menciptakan Sepeda Motor Mainan
Cari Berita

Advertisement

Terungkap Siswa Mts Bolo Sila Menciptakan Sepeda Motor Mainan

Minggu, 11 Juni 2023

BIMA, Redaksi Portalntb.net--- Baru baru ini, ada yang menarik dari hasil karya salah satu murid Mts Bolo Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, atas nama Fedy Jet, Tender.  

Fedy Jet Tender merupakan putra tunggal dari pasangan keluarga Ibu Dian dengan Dedy Mulyono S.Pd yang berkediaman di Desa Sanolo Sila Kecamatan Bolo Kabupaten Bima NTB.  Fedy Jet Tender ini, merupakan siswa Mts Sila Bolo dengan memiliki segudang hasil kreatif ciptaanya sendiri. Salah satu kreatif yang diakui oleh teman sekolahnya adalah membuat pengrajin motor dengan memanfaatkan bahan dasar , sedotan Aqua gelas,  korek kuping, maupun bahan bekas  lainya. 


Fedy yang menceritakan awal mula dirinya menyadari mampu menghasilkan barang mainan seperti 🏍️ sepeda motor sejak menduduki bangku kelas 1 SD.  Pertama singkatnya,  ia membuat karya tersebut karena berawal  dari nonton YouTube sehingga timbul dalam pemikirannya ingin menciptakan barang mainan seperti pesawat, robot maupun sepeda motor. Hal ini disampaikan secara singkat oleh Fedy  saat bertemu langsung di kediamannya Minggu ( 11/6/2023).

"Awalnya sampai bisa buat barang mainan sepeda motor , nonton YouTube. Tapi ga punya uang untuk buat beli bahan mainan tersebut,  jadi saya belajar bikin sendiri menggunakan bahan bekas seperti kardus, sedotan Aqua gelas maupun korek kuping. " Ungkap Fedy. 

 

Dalam pengalamannya membuat motor mainan ini, Fedy mengaku uji cobanya gagal, dan akhirnya menekuni konsep mendesain barang otomotif tersebut dengan proses panjang. Hingga titik berhasilnya karya pertama pada tahun 2021,  dengan membuat Vespa. "Sampai di titik berhasil dan karya pertama adalah motor Vespa tahun 2022. Jadi ini merupakan inpirasi lahirkan karya," lanjut anak yang masih status siswa Mts tersebut. 


Fedy Jet Tender menerangkan, keberhasilan dia meciptakan karya motor mainan,  Tak luput dari usaha dan pemikiran dengan banyak belajar  "Saya sepulang sekolah memanfaatkan waktu untuk belajar yang penuh kreatif Tampa ada campur tangan papa dan mama. Sementara cara buat desainya ?, Kadang kadang liat juga tutorial di YouTube, karena di luar negeri sudah banyak yang buat," terangnya.

Kemudian mulai mengumpulkan bahan bekas tidak terpakai seperti kopang korek api, kabel earphone rusak, kabel antena, tembaga dan kabel serbut jadi onderdil motor serta karet musa sebagai bahan untuk ban motor.

"Pertama sebelum dirakit pasti diukur dulu kalengnya digunting lalu digulung dan mulai membuat pola. Karena saya juga hobi menggambar desain. Dari dua kaleng minuman bisa dapet satu motor mainan " jelas Fedy kepada Media ini. 

Bukan perjalanan mudah untuk Fedy Jet Tender, sampai akhirnya melahirkan karya pertama motor Vespa. Dan sepanjang proses mengulik dan belajar membuat aksesoris motor mainan tersebut. Bahkan anak ini mengalami kendala dan terhambat akibat kekurangan bahan pendukung. 

Meski demikian, hasil karya-karya baru terbaik yang diciptakan oleh Fedy Jet Tender ini menjadi perhatian menarik bagi bagi teman teman kampungnya sehingga tidak tanggung tanggung kary Fedy banyak yang terjual hingga kisaran Rp 10.000/ 20.000. (Ami)