BUSUK BATANG MENYERANG RATUSAN HEKTAR TANAMAN JAGUNG
Cari Berita

Advertisement

BUSUK BATANG MENYERANG RATUSAN HEKTAR TANAMAN JAGUNG

Rabu, 17 Februari 2021


BIMA
, PORTALNTB.TOP-- Ratusan hektar tanaman jagung milik petani pada tiga desa, Tumpu, Rada, dan Kananga Wilayah Kecamatan bolo Kabupaten bima diserang oleh Penyakit busuk batang.

Peristiwa ini disampaikan langsung oleh Nurafni SP selaku Kepala seksi monitoring perkiraan dan pengendalian OPT pada Lingkup Dinas Perranian dan Perkebunan Kabupaten Bima , di lokasi perkebunan desa tumpu,  Kamis (18/2/2021).

Nurafni menjelaskan, Penyakit busuk batang menyerang tanaman yang sudah memasuki fase pembentukan tongkol secara tiba-tiba. Di mana tanaman jagung yang terinfeksi akan mendadak mati, dengam kondisi daun yang layu, kering, dan tampak berwarna hijau keabu-abuan.

Akibat kejadian ini, para petani jagung pada tiga desa tersebut, dipastikan akan mengalami gagal panen sehingga, rata rata pihak petani jagung lebih memilih menebang tanaman jagung untuk dijadikan pakan ternak.

Nurafni juga menyampaikan pula bahwa penyebab terjadinya busuk batang tersebut, akibat curah hujan yang cukup tinggi,  " ungkap Nurafni SP kepada beberapa awak media.

Sementara dari pihak petugas Karantina Pertanian Kabupaten Sumbawa besar Elisa, menjelaskan ,  tidak hanya wilayah kecamatan bolo saja adanya penyakit busung batang pada tanaman jagung, melainkan wilayah kecamatan soromandi juga.

" mungkin lebih dari 40 % tanaman jagung yang terserang penyakit busuk batang yang disebabkan bakteri. " ujar Elisa.

Selain itu, penyakit busuk batang yang menyerang tanaman jagung tersebut, juga  disebabkan oleh cendawan patogen yang memproduksi konidia. Konidia ini kemudian akan menyebar oleh hembusan angin, air hujan, maupun serangga. Pada saat lahan tidak ada tanaman, cendawan penyebab penyakit dapat bertahan pada sisa-sisa tanaman yang terinfeksi dalam fase hifa atau piknidia dan peritesia yang berisi spora.

Jika kondisi lingkungan mendukung, maka spora akan keluar dari piknidia atau peritesia. Spora yang menempel pada permukaan tanaman jagung akan tumbuh dan menginfeksi tanaman melalui akar atau pangkal batang. proses infeksi awal dapat melalui luka atau membentuk sejenis apresoria yang mampu menembus masuk ke jaringan tanaman. spora yang terbawa oleh angin dapat menginfeksi ke tongkol jagung. dan biji jagung yang terinfeksi apabila ditanam dapat menyebabkan penyakit busuk batang. " terang Elisa. (Tim)